Categories

Translate

6 Apr 2012

Mengapa Min Kali Min Sama dengan Plus ???????



Pernahkah sobat berfikir saat mengerjakan soal metematika mengapa min kali min sama dengan plus?? Kenapa ya bisa begitu ? apa ada sobat yang tau mengapa  min kali min sama dengan plus??Tapi yang jelas jawabannya bukan karena dari sananya ya …
Nah untuk itu usagi ingin bagi-bagi info nih kenapa min kali min sama dengan plus?? terus kalau untuk yang udah tau ya ingat-ingat lagi juga boleh kan ? oke kita mulai ya sob … 

 Untuk menjelaskan mengapa min kali min sama dengan plus itu kita bisa mengunakan garis bilangan .. nah kita coba.. misalkan kita ingin mengalikan perkalian 3X1 dulu deh yang ngak minus dulu ..  kalau kita gambar garis bilangan 3x1 itu berarti kita harus menambah satu angka (mulai dari angka nol) sebanyak tiga kali , nah jadi kita bisa lihat garis bilangan itu menunjukan angka tiga.. 


Lalu kalau  3x2 , berarti kita harus melangkah  sebanyak tiga bilangan dari angka nol sebanyak dua kali ..

 
Sekarang gimana jika perkalian min kali plus ? berarti sekarang garis bilanganya ada dua kan ? bagian kanan sama kiri . yang kanan plus yang kiri min .. 

Kalau dalam barisan angka  4 (empat)  itu ka nada di bagian kanan kan .. tapi kalau  angka -4 (min empat ) itu berada di kirinya , itu menunjukan jika  suatu angka di beri tanda min ia akan memiliki kedudukan yang terbalik dari aslinya .. lalu bagaimana dengan perkalian ? nah jika  ada min pada perkalian tersebut  maka hasil dari perkalian itu akan berlawanan arah dengan hasil perkalian ..

Contoh :  3 x -2 

 

Sudah mengerti sampai sini ?? kalau udah yuk lanjut ..  kalau begitu bagaimana dengan -3 x -2 ??
Nah karena itu minnya ada 2 berarti hasilnya dua kali di balikin dari hasil aslinya .. coba lihat di gambar kalau blum jelas ..

 
 
 

Berarti sama aja kan -3 x -2 itu kayak 3 x 2 ..   betul??
Jadi dapat di simpulkan perkalian minus maksudnya itu membalikkan kebalikan dari sesuatu, makanya ada aturan min kali min sama dengan plus.
Oke sekian info kali ini .. semoga bermanfaat … ^_^_^_^_^

Sumber : berbagai sumber di google ..



followers