Translate

leave

6 Apr 2012

Beruang Air




Beruang air … tau kah sobat apa itu beruang air ? mm… mungkin sobat sekarang menjawab  “ya beruang yang ada di air lah .. nama nya juga beruang air “ . ya betul memang beruang air ini hidup di air …
. Tapiii… ada tapinya lho.. ukurannya ini sangat kecill hidup di air dan mempunyai 4 pasang kaki ( delapan kaki ) mm… makin penasaran ngak nih ? ko ada beruang kaki delapan ???? O.O” kalau penasayan yuk lanjut baca infonya … 
 
Tardigrades  atau yang lebih kita kenal dengan Water bears atau  Beruang air merupakan bagian dari supefilum Ecdysozoa , filum Tardigrada .  Beruang air pertamakali dideskripsikan oleh Eprhaim Goze pada tahun 1773 .  Tardigrades itu artinya “pejalan lambat” nama ini di berikan  oleh spallanzani pada tahun 1777 .
Panjang tubuh Tardigrades  dewasa adalah 1.5mm – 0.1mm , larvanya berukuran 0.05mm. Tardigrades ini bisa di temukan di berbagai belahan dunia mulai dari puncak Himalaya bahkan sampai dasar samudra ,juga daerah kutub .  tempat favorit Tardigrades adalah tempat yang mempunyai banyak ganggang . 

Nah… satu hal yang menarik dari Tardigrades adalah ketahanan tubuhnya pada lingkungan yang ekstrim loh sobat !! kenapa ? bayangkan saja Tardigrades  ini mampu bertahan pada linggkungan yang beku (0˚C) sampai lingkungan bersuhu tinggi (151˚C) . O.O Waw hebatkan ? bukan hanya itu .. Tardigrades ini juga mampu bertahan terhadap radiasi 1000 kali lebih tinggi dari mahluk hidup lain . 

 

Oleh karena itu Tardigrades  dikenal sebagai hewan polyextremeophiles (hewan yg dapat bertahan dalam keadaan extrim ) . Dan dengan kemampuan tersebut Tardigrades  ini dapat bertahan hidup pada saat terjadi perang nuklir atau bencana alam dan dapat hidup 120 tahun dalam kondisi kering .

 

Kemampuan unik dan luar biasa Tardigrades yang lainnya adalah ia mampu bertahan di ruang hampa udara selama 10 hari !! itu berdasarkan penelitian mengenai  Tardigrades  yang dikirim keluar angkasa selama 10 hari mengunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency . Hasil dari penelitian itu menunjukan bahwa Tardigrades  dapat bertahan hidup pada ruang hampa udara , terpapar sinar kosmik bahkan bertahan terhadap radiasi sinar UV matahari 1000 kali lebih tinggi di bandingkan sinar UV di permukaan bumi .

Sumber : http://argakencana.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

followers