Categories

Translate

30 Nov 2013

Mengapa serutan menjadi tumpul bila di tiup??


dahulu saat kita kecil atau masih sekolah padasaat kita meminjam serutan teman ia suka bekata " jangan di tiup yah .. nanti tumpul " . seketika kita bertanya tanya ??? kok bisa sih tumpul kalo di tiup padahal itukan besi apa hubungannya sama di tiup jadi tumpul coba? tapi faktanya memang benar ternyata bila serutan tersebut kita tiup maka akan jadi tumpul.. nah kali ini saya ingin membahas mengapa sih serutan menjai tumpul saat di tiup?? simak yah....


Nah, setelah saya banyak bertanya pada seseorang dan banyak membaca hal2 yang terkait dengan serutan saya mendapat kan sebuah kesimpulan . Jadi kalou kita meniup serutan ada kemungkinan serutan itu bisa tumpul sob , karena air liur atau uap air yang keluar dari dalam mulut kita bisa menyebabkan peristiwa oksidasi pada logam  yang ada serutan yang akan menyebabkan logam  itu mulai berkarat sehingga jadi tumpul.

kalau sobat ada yang bertanya begini "kalo serutan kita tiup bisa tumpul mangapa kalau pisau yang terbuat dari besi tidak mengalami peristiwa oksidasi yang sama?" . Jawabannya adalah kalau pisau mengunakan bahan logam yang berbeda dan mungkin logam yang di gunakan pada serutan adalah bahan logam yang mudah teroksidasi . sedangkan bahan logam yang di gunakan pada pisau tidak mudah teroksidasi.

 Mudah mudahan artikel ini bermanfaat ya sob ...


followers